hello

Tuesday 24 May 2016

Spesifikasi Toyota Calya, Adik Xenia yang Keluar Tahun Ini

Rumor kemunculan mobil LCGC (Low Cost Green Car) terbaru keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor yang bermain di segmen MPV 7 penumpang telah beredar dari tahun lalu. Sekarang, Calon MPV yang digadang-gadang menggunakan basis Agya-Ayla ini akhirnya diketahui telah masuk ke dalam daftar TPT Online Kemenperin.

Selepas kemunculannya di daftar tersebut, kali ini muncul kabar terbaru yang menuntaskan rasa penasaran kalangan otomotif Indonesia dengan kemunculan fotonya pada website majalah otomotif, Autobild Indonesia dan Otomania. Melihat logo di bagian depan, calon MPV LCGC ini masih menggunakan logo Garuda yang sama dengan milik Agya.
Berbekal mesin 1.200 cc, mobil ini akan menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Etios Valco berkode 3NR-FE. Tentunya dengan mesin baru 4 silinder, mobil ini akan memiliki getaran mesin yang jauh lebih baik dari mesin 1.000 cc milik duet
Gaya-Alay Agya Ayla yang selama ini kita kenal. Yang menarik, mobil ini akan memiliki varian transmisi otomatis 4 percepatan seperti halnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang saat ini kita kenal.Memiliki basis Toyota Agya yang dipanjangkan, mobil ini jika dilihat secara detail masih memiliki kursi depan dengan headrest yang menyambung seperti Toyota Agya dan Honda Mobilio, sedangkan untuk bangku baris kedua sudah menggunakan headrest terpisah seperti Toyota Agya minor change. Semoga saja akses ke baris ketiga mobil ini tidak seperti milik Datsun GO+ Panca yang cukup sulit.
Jangan harap mobil ini akan memiliki bangku baris ketiga yang sama leganya dengan Toyota Avanza, karena Toyota Calya akan memiliki konsep 5+2 yang memiliki bangku baris ketiga cukup sempit, tapi bisa dijamin lebih lega dan lebih manusiawi dengan Datsun GO+ Panca. Dan tentu saja mobil ini akan menjadi mimpi buruk bagi Datsun ke depannya.
Seperti halnya Toyota Agya, Astra Daihatsu Calya hanya memiliki 2 buah tipe saja yang terdiri dari tipe E dan tipe G, dimana masing-masing keduanya akan memiliki pilihan transmisi manual dan transmisi automatic 4 speed. Untuk tipe G, Toyota Calya akan dilengkapi spesifikasi yang sama persis seperti Toyota Agya, mulai dari head unit double din, Speedometer dengan MID, Power Window pada keempat pintu, eletric mirror, remote alarm, dual airbags, alloy wheel 14 inchi, fog lamp dan penambahan kursi ISOFIX di kursi belakang. Sedangkan pada Toyota Calya tipe E akan dibekali dengan dua buah power windows, dual airbags, head unit single din, tanpa fog lamp dan electric mirror serta masih menggunakan velg kaleng.

Prediksi Mesin dan Harga


Jika berdasarkan regulasi LCGC, maka besar kemungkinan mobil ini akan menggunakan mesin 1.200 cc yang sama dengan milik Etios Valco, yakni mesin berkode 3NR-FE. Untuk urusan transmisi, besar kemungkinan Toyota Calya akan berbagi transmisi otomatis 4-percepatan yang juga digunakan oleh Agya-Ayla. Perkara mobil ini kebagian teknologi Dual VVT-i seperti Avanza atau tidak, hal ini masih dipertanyakan. Meskipun kemungkinan menggunakan mesin yang sama dengan Etios Valco, seharusnya akan ada penyesuaian besaran tenaga mengingat dimensi dan bobot mobil ini akan lebih dari dimensi dan bobot Etios Valco. Menurut sumber, mobil ini akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal sekitar 10 juta hingga 15 juta Rupiah dibandingkan dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Cukup menarik untuk sebuah 7 seater bernama Toyota Calya ini memiliki harga kurang dari 150 jutaan. (Sekitar 130 Jutaan).

Rencananya mobil ini akan diluncurkan di GIIAS 2016 mendatang bersamaan dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Facelift. Menurut sumber, Toyota baru akan membuka daftar antrian inden saja, dan konsumen baru bisa menikmati mobil ini pada akhir tahun atau awal tahun 2017 mendatang. Kira-kira apa ya nama versi Daihatsu, jangan-jangan Daihatsu Cagya. Bagimana pendapatmu? Sampaikan dalam kolom komentar ya!
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger