hello

Friday 5 February 2016

Gempa 6,4 SR Landa Taiwan, Gedung Gedung Runtuh


Taipei diguncang Gempa Bumi, Sabtu, 6 Februari 2016 dinihari waktu setempat. Pendataan warga WNI dilakukan untuk mengetahui kondisi warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan pascagempa berkekuatan 6,4 skala richter (SR) di Tainan, sekitar 300 kilo meter (km) selatan Taipei, Taiwan.

 "Diperoleh informasi bahwa jumlah WNI yang terdata di wilayah tersebut sebanyak 17.000 jiwa. Sejumlah 16.800 orang di antaranya adalah TKI dan sisanya adalah pelajar serta WNI lainnya," ujar Iqbal, Direktur Perlindungan WNi Deplu, dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Sabtu, 6 Januari 2016.

Ia melanjutkan, kedutaan sudah mencoba melakukan kontak dengan simpul-simpul WNI di Tainan. Namun hingga saat ini mereka belum bisa dihubungi. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, kata Iqbal, sudah meminta bantuan pihak Komisi Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) untuk melakukan komunikasi dengan otoritas setempat.

"Jika perlu kami juga akan mengirimkan tim ke lokasi guna melihat kondisi terakhir dan kemungkinan kondisi WNI," ujarnya. Iqbal menyebutkan, gempa itu terasa hingga ke daerah Taipei. Setidaknya, empat gedung besar termasuk bangunan apartemen runtuh akibat gempa tersebut. Kota Tainan diperkirakan berpenduduk dua juta jiwa.

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger