hello

Tuesday 5 May 2015

[Terbaru] Teknik Pernapasan 4-7-8 Bisa Bikin Tidur Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda telah mencoba segala cara untuk tidur seperti mandi air hangat, minum susu hangat atau menghitung domba tapi tidak berhasil. Mungkin, Anda bisa mencoba teknik pernapasan 4, 7, dan 8.

Seperti diberitakan Dailymail, Selasa (5/5/2015), metode ini digambarkan sebagai 'tranquiliser alami untuk sistem saraf' membantu untuk mengurangi ketegangan dalam tubuh. Teknik ini dipelopori oleh  Dr Andrew Weill dari Harvard University. 

"Teknik 4, 7, 8 sangat sederhana. Pertama-tama, Anda harus menghembuskan napas melalui mulut sambil mengeluarkan suara desis. Setelah itu, tutup mulut Anda dan tarik napas secara perlahan melalui hidung hingga hitungan keempat. Sekarang tahan napas hingga tujuh hitungan dan buang napas melalui mulut selama delapan detik dalam satu napas," kata Weill.

Ulangi teknik pernapasan ini hingga tiga kali. Metode ini memungkinkan oksigen mengisi paru-paru sehingga dapat menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot. 

"Teknik ini didasarkan pada pranayama, praktik yoga India kuno yang berarti melatih napas," ungkapnya.

Weill mengatakan, selama stres, sistem saraf menjadi lebih terangsang dan menyebabkan ketidakseimbangan yang membuat sulit tidur. Oksigen ekstra yang dihasilkan dari teknis pernapasan inilah yang membuat efek rileksasi pada sistem saraf parasimpatis.

"Saya sarankan berlatih teknik ini dua kali sehari walapun tidak memiliki masalah tidur selama 6-8 minggu. Dan Anda dapat tidur hanya dalam 60 detik," tandasnya.

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger