hello

Saturday 9 May 2015

INFORMASI PENGUMUMAN SNMPTN TAHUN 2015

Sebentar lagi, para calon mahasiswa yang sudah mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 bakal harap-harap cemas. Bayangkan saja, pada Sabtu (9/5), mereka bakal menerima pengumuman apakah bisa masuk ke universitas negeri yang mereka idam-idamkan.
Kalau kamu yang sudah melewati masa masuk kuliah sangat lama, maka kamu akan bingung dengan sistem SNMPTN tahun ini. Untuk kali ini, panitia melakukan seleksi berbasis rapor selama sekolah SMA dan nilai Ujian Nasional (UNAS) mereka. Kalau dulu kamu harus mengikuti ujian masuk kuliah, maka SNMPTN menggunakan sistem online ranking selama proses seleksi 16 Maret - 8 Mei kemarin.
Bekerja sama dengan sekolah SMA/SMK/MA/MAK negeri dan swasta masing-masing, panitia menerima seluruh nilai para calon mahasiswa itu secara sistematis. Istimewanya, biaya SNMPTN ini ditanggung oleh pemerintah sehingga para siswa pendaftar tidak perlu bingung lagi. Hanya saja, peluang kuliah lewat jalur SNMPTN bisa dibilang cukup berat.
Pelajar SMA bersyukur saat nilai UN tak jadi patokan utama SNMPTN  CNN Indonesia
Pelajar SMA bersyukur saat nilai UN tak jadi patokan utama SNMPTN CNN Indonesia
Pada 2015 ini, melalui situs resmi SNMPTN terungkap ada lebih dari 582 ribu pendaftar. Padahal kursi yang diperebutkan dari seluruh universitas negeri di Indonesia hanya sekitar 152 ribu kursi yang berarti satu kursi universitas diperebutkan 3-4 orang siswa. Sehingga jika ada pelajar yang tidak lulus, dia bukan berarti tidak pintar. Melainkan ada siswa lain yang nilai akademiknya lebih bagus memilih prodi kampus sama.
Untuk pengumuman SNMPTN 2015 ini, panitia memilihnya lewat situs resmi atau beberapa koran. Mengambil waktu sekitar sore/malam hari, jelas saja kalau banyak pelajar tingkat akhir sekolah menengah yang sangat harap-harap cemas apakah mereka diterima di kampus idaman. Hanya saja kalau kamu tidak lulus SNMPTN jangan sedih dulu. Karena bakal ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 9 Juni 2015.
Jadi, apakah kamu sudah siap menanti pengumumannya? Semoga lulus ya! (kpl/aia)
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger